Wednesday 6 January 2016

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER



 

  PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


        Halo soba kali ini rumahgaptek99 akan menilis artikel yang berhubungan dengan internet seperti LAN, MAN, WAN,ALASAN MEMBUAT JARINGAN,MANFAAT JARINGAN KOMPUTER, MANFAAT JARINGAN KOMPUTER BAGI PERUSAHAAN DAN MANFAAT JARINGAN KOMPUTER BAGI MASYARAKAT UMUM. pastinya di era globalisasi saat ini siapa sih yang tidak tahu apa itu internet.
         APA ITU INTERNET..?? internet merupakan jaaringan computer yang sangat besar. Dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan siapapun dengan cepat. Berbagai informasi pun dapat ditemukan di internet. Bahkan dokumen-dokumen rahasia yang tidak boleh di ketahui kalayah umum, juga dapat ditemukan di internet. Dan seperti mesin dan alat bantu lainnya,internet dapat membantu bagi manusia tapi internet juga dapat menjadi bahaya bagi kita jika digunakan untuk kejahatan.





Ø  PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
         Jaringan komputer adalah kumpulan 2 atau lebih system computer yang dihubungkan baik melelui kabel pengantar atau tanpa kabel hingga dapat saling berkomunikasi atau bertukar informasi. Macam-macam jaringan komputer dapat dikelompokan dapat di kelompokan berdasarkan beberapa kategori, antara lain :

1.    Berdasarakan jarak antara node atau komputer yangterhubung, jaringan komputer dikelompokan menjadi 3, yaitu :

a.    Local Area Network (LAN)

Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, misalnya pada sebuah gedung, biasanya jarak antomode tidak lebih dari 200 Meter.


b.    Metropolitan area network (MAN)

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa LAN. Misalnya jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan kecil di kantor cabang pada suatu provinsi.


c.    Wide area network (WAN)

WAN adalah jaringaninternet yang sangat luas, yang sudah menjangkau otoritas negara lain. Biasanya biasanya WAN sudah menggunakan media wireless, sarana satelit atau kabel serat optik.

 Perbedaan lingkup area LAN,MAN dan WAN tersebut antara lain sebagai berikut :
Jarak antar komputer
Lokasi/Area
Jenis Jaringan
 1-10 m
Ruangan
Local  Area Network
100-1 km
Gedung Perkantoran
Local  Area Network
1-10 km
Kota
Metropolitan  Area Network
10-100 km
Kabupaten, Provinsi
Metropolitan  Area Network
>100 km
Negara
Wide Area Network
>1.000 km
Benua
Wide Area Network
>10.000 km
Planet
Internet



2.    Bergdasarkan skema fisik hubungan antara node atau pengkabelan. Macam jaringan komputer adalah jaringan bus, star,ring dan web.

a.    Jaringan bus, komputer dihubungkan secara berurutan dari node pertama di hubungkan dari node kedua, dari node kedua dihubungkan ke node ketiga dan seterusnya.

b.    Jaringan star, atau hubungan bintang setiap komputer di hubungkan ke satu node sebagai pusat hubungan yang disebut konsentrator.

c.    Jaringan ring, atau melingkar. Komputer dihubungkan secara berurutan seperti jaringan bustetepi node terakhir dihubungkan lagi ke node pertama sehingga terbentuk hubungan melingkar seperti cincin.

d.    Jaringan web, atau mesh (jala). Setiap nede dihunungkan ke semua node yang ada dalam jaringan, sehingga antara dua node dapat langsung terhubung tanpa harus melewati node yanglain.

3.    Berdasarkan kedudukan node. Jaringan komputer ada yang memberikan kedudukan yang sama pada setiap node yang disebut jaringan peer to peer dan ada yang memberikan kedudukan yang berbeda yang di sebut jaringan clien-server. Dalam jaringan peer to peer, setiap node dapat menggunakan resource pada node lain atau memberikan resource yang dimilikinya untuk digunakan oleh node yang lain.
Sedangkan dalam jaringan clien-server, node yang bertindak sebagai client hanya dapat menggunakan atau memberikan resource sesuai aturan yang diberikan satu node lain yang bertindak sebagai server. sedangkan server berkuasa mengatur penggunaan resource yang terdapat pada jaringan untuk diberikan kepada client. Jenis layanan client-server ini antara lain file server (layanan pengelolaan file), Print server (layanan pencetakan), Database server (layanan mengenai proses-proses fungsional tentang suatu database) dan DIP (Document Information processing: layanan fungsi penyimpanan, manajemen dan pengambilan data)
B. Alasan membuat jaringan
     Ada beberapa alasan orang atau perusahaan untuk membangun suatu jaringan computer, alasan-alasan tersebut Antara lain :
1.     Penggunaan sumberdaya bersama-sama
Pada beberapa perusahaan pada beberapa perusaahan memiliki sumberdaya yang terbatas seperti harddisk.Printer,CDROM dan lain-lain. Dengan jaringan maka setiap pemakai komputer dapat  menggunakan sumberdaya tersebut dengan lebih mudah dan efisien.
2.    Memperluas penggunaan dan daya guna sistem komputer
Melalui jaringan maka setiap terminal atau sistem komputer dapat berkomunoikasi, bertukar data dan informasi.
3.    Membuat sistem komputer menjadi lebih mudah dan fleksibel
Dengan adanya jaringan, maka perangkat keras komputerdapat di pasang dimana saja menurut kehendah pemakai pada jaringan tersebut. Perangkat keras tidak harus dilokalisasi pada satu terminal saja.
4.    Dengann adanya pemrosesan terdistribusi untuk mencegah ketergantungan pada komputer pusat dengan proses terdistribusi, maka prosesan data tidak lagi dilakukan pad komputer tertentu tetapi dapat dilakukan pada setiap terminal atau sistem komputer.
5.    Berbagai macan palikasi diintegrasikan untuk dijalankan pada berbagai macam jenis komputer aplikasi yang terdapat pada satu terminal dapat di jalankan pada terminal yang lain, sehingga setiap terminal tidak harus menyimpan semua aplikasi yang diperlukan.
6.    Tidak ada ketergantungan pada suatu jenis komputer, hingga kemungkinan berbagai merek komputer dapat saling berhubungan.
Tidakada keharusan dalam jaringan memiliki jenis dan merek komputer yang sama pada setiap terminal dan server. Sehingga orang dapat menjalankan komputer jenis/merek apapun pada jaringan.

C. MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Pada dasarnya manfaat atau tujuan dari pengadaan jaringan komputer adalah sebagai berikut :

1.    Manfaat bagi perusahaan
a.    Resource Sharing, yaitu bertujuan agar seluruh program, pralatan, data dapat digunakan oleh setiap orang  yang ada pada jaringan tanpa pengaruh oleh lokasi Resource dan pemakai.
b.    High Reliability (keandalan tinggi), yaitu tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya file atau data dalam sebuah mesin (CPU) dapat di salin (di-back up) ke mesin yang lain. Pada saat salah satu mesin mengalami gangguan atau rusak maka data dapat di akses ke mesin yang lain yang masih aktif sehingga pekerjaan tetap dapat dapat berlanjut.
c.    Saving money, menghemat. Komputer PC mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer besar. Komputer mainframe mempunyai kinerja (kecepatan kerja) 10 kali lipat kerja PC, tetapi harga komputer mainframe 10 kali lebih mahal dari PC. Oleh karena itu lebih baik membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer kecil untuk mendapatkan kinerja seperti komputer besar.

2.    Manfaat bagi pengguna umum
a.    Aksses ke informasi yang berada di tempat lain tetap uptodate (terbaru) misalnya surat kabar online e-govermoment, e-buisness dll
b.    Komunikasi mudah dari orang ke orang misalnya G-mail, chatting, vidio conference dll.
c.    Hiburan interaktif seperti tv online, radio streaming, download film atau lagu dll.


Baca juga : 








No comments:

Post a Comment